Fengshui Medicine

Written by Dr. Aji Hoesodo

Artikel singkat ini didedikasikan penulis sebagai upaya ilmiah untuk bangsa Indonesia, dan sebuah kajian dari pengalaman klinis selama 10 tahun terakhir ini sebagai praktisi kedokteran china.
Adapun alat diagnosa banding yang dipilih oleh penulis adalah fengshui. Pengobatan China yang lebih dikenal dengan TCM atau Traditional Chinese Medicine yang pada saat ini mengalami kemajuan pesat akibat berakulturasinya sistem pengobatan ini dengan pengobatan barat yang dikenal sebagai sistem kedokteran modern.

Dimana dulu, orang yang belajar TCM hanya mengenal sindrom penyakit sekarang mengenal banyak artikulasi kedokteran modern, seperti aterosklerosis, bell'spalsy, kolelitiasis, infark dan lain lainnya. Hal ini disebabkan karena semua perguruan tinggi di China, mengembangkan kurikulum yang mengakomodasi keduanya.

Fengshui sebagai ilmu  klasik sangat erat dengan kebudayaan masyarakat china, begitupula dengan sistem kedokteran china pada jaman dulu maupun sekarang. Penulis sebagai praktisis keduanya menemukan benang merah dalam kedua ilmu ini. Sebagai praktisi yang hidup di era jaman modern ini sangat antusias untuk mengkaji secara ilmiah ilmu pengobatan jika ditinjau dengan fengshui.

Fengshui di Indonesia secara luas, masyarakat hanya mengenal sebagai ilmu keharmonisasian bangunan, alam dan manusia nya. Pada hal banyak teori dari fengshui yang bisa diaplikasikan dalam berbagai bidang kehidupan seperti dalam kajian ini, yaitu mengenai fengshui hubungannya dengan masalah kesehatan.
Fengshui medicine sebagai alat diagnosa banding dipilih karena keampuhannya dalam menganalisa berbagai aspek kehidupan. Banyak teori dalam fengshui yang tidak semuanya bisa dijadikan landasan ilmiah untuk sistem pengobatan yang sarat dengan artikulasi dan paradigma medis klinis.

Terbatasnya literatur dan praktisi medis yang menguasai fengshui membuat kemajuan fengshui medicine ini stagnan dalam arti kata jalan di tempat.

Teori fengshui yang dipilih dalam kajian ini adalah Yin-Yang, Wu Xing, Xuan Kong, Ba Zhai dan  Ba zi. Atikel ini ditulis sesederhana dan sepopuler mungkin agar para pembaca dapat menarik manfaat dari kajian ilmiah ini, walaupun tidak mempunyai latar belakang medis dan fengshui. Dengan maksud memberikan wacana  terhadap suatu sistem pengobatan yang sudah ada dan alternatif mayarakat dalam memilih sistem pengobatannya sendiri.

 

Advertisement

Online Chat

comes_onweb

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter

Your IP: 54.227.222.235

Contact

CORRESPONDENCE
Alamanda Tower lt 17 AB,
Thamrin Residences,
Jl. Thamrin Boulevard
Jakarta 10340

CALL :
TEL / FAX:  (021)7522698

CONTACT :
Email : ahoesodo@gmail.com
YM : ahoesodo@yahoo.com

Maaf, tidak melayani konsultasi hukum online